cloudfront
Sabtu, 30 Juli 2016
Forgot Password Register Langganan cari
Indonesiana
image 526624
FREE!

Ketika Raksasa Yahoo! Limbung

Dian Basuki
http://indonesiana.tempo.co/desibelkoe

Setiap pekan, Koran Tempo Akhir Pekan akan memuat artikel terpilih dari tulisan-tulisan yang ditayangkan di Indonesiana, blog publik di Tempo.co. Narablog dan pegiat komunitas yang ingin bergabung dapat langsung menayangkan tulisannya pada situs http://indonesiana.tempo.co.



Dua puluh dua tahun silam, tak lama setelah didirikan oleh Jerry Yang dan David Flo, Yahoo! melesat menjadi portal Internet yang paling terkenal kendati pada masa itu ada MSN, Alta Vista, Excite, dan Lycos. Layanan e-mail Yahoo sangat populer di seluruh dunia. Orang-orang senang ngobrol melalui Yahoo Messenger (YM). Yahoo! tumbuh nyaris tanpa kompetitor yang sebanding, hingga kemudian Google berdiri empat tahun setelah Yahoo! (1998), lalu disusul Facebook (2004).

Perjalanan
image 526630

Menembus Kapuas dalam Dentuman Meriam

Meriam karbit adalah pertunjukan khas Kota Pontianak sepanjang Ramadan dan Syawal. Gelegarnya mampu mengguncang kapal.

Fotografi
image 526633
FREE!

Lady Bernama Anggun

Ia ingin dipanggil dengan nama Anggun. Perempuan 20 tahun ini mengaku itu bukan nama sebenarnya. Ia tak beruntung. Ibunya dua kali bercerai dan menikah untuk ketiga kalinya sebagai istri kedua. Lalu ekonomi keluarga morat-marit. Dan, sebagai anak sulung dari lima bersaudara, Anggun mesti mengais rezeki.

Buku
FREE!

Penulis Perempuan yang Terselip

Apa yang diperlukan perempuan dalam menulis? Atas pertanyaan itu, novelis Inggris, Virginia Woolf, memberikan jawaban: uang dan ruang pribadi. Menurut dia, penulis laki-laki seperti Shakespeare bisa menghasilkan karya babon lantaran memiliki dua hal tersebut. Sebaliknya, kaum perempuan tidak memilikinya. Hidup seorang perempuan lebih banyak diisi kesibukan seputar urusan domestik. Namun, bila seorang penulis perempuan sudah memiliki dua hal tersebut, akankah itu bisa menjamin karyanya diakui? Ternyata tidak.

Dalam dunia patriarkal, penulis perempuan mesti menghadapi dominasi penulis laki-laki pula. Salah satu bentuk dominasi yang terjadi berhubungan dengan proses penulisan sejarah sastra yang dilakukan oleh laki-laki. Perempuan bisa saja memiliki uang dan ruang pribadi, sehingga mampu menghasilkan karya hebat. Tapi kadang kala dia tak mampu menghindar dari penenggelaman sejarah. Serupa itulah yang terjadi pada Sugiarti Siswadi, penulis perempuan Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat) yang namanya terselip (diselipkan?) dalam lipatan sejarah sastra Indonesia, sehingga ia tak pernah dibicarakan.

Hobi
image 526640
FREE!

Menyusun Piramida ala Sport Stacking

Olahraga ini bermanfaat melatih kecepatan tangan, refleks, dan fokus. Cocok untuk segala usia.

Olahraga
image 526642

Optimisme Rio di Hockenheim

Mesin Mercedes Manor diyakini dominan di sirkuit kali ini.

image 526644

Pertaruhan Carl Frampton

"Mereka pasti terkejut."

image 526650
FREE!

Palang Pintu Idaman Guardiola

"Kuat di udara dan agresif."

image 526653
FREE!

Ujian Formasi Conte

Chelsea kini tampil lebih menyerang.

Tamu
image 526649

Rokok Dapat Membahayakan Perekonomian Indonesia

Rokok sangat akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan, hasil riset Tobacco Control Support Center (TCSC) Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia pada 2016 menyatakan rokok menempati posisi kedua dalam pengeluaran harian rumah tangga Indonesia setelah beras.

Musik
image 526625
FREE!

Paduan Suara Mahasiswa Berjaya di Eropa

Kelompok Paduan Suara Mahasiswa Institut Teknologi Bandung dan Universitas Parahyangan menang di tiga kompetisi internasional di Eropa.

Cerpen

Ayoveva

Triyanto Triwikromo

SETIAP orang hanya memiliki satu kali kesempatan tinggal di Ajjar. Begitu seseorang jatuh ke dalam dosa, ia akan terusir dari perdesaan berpagar hutan pinus segar itu dan tidak diperbolehkan kembali. Hukum Tuhan juga menyatakan: siapa pun yang menolak keindahan cinta, juga dipersilakan meninggalkan kawasan penuh bunga biru dan kupu-kupu ungu itu.

Ajjar memiliki satu Tuhan, 72 malaikat, 35 nabi, dan 135 iblis. Orang-orang Ajjar paham bahwa di area mereka tumbuh 75 pohon yang belum diberi nama dan 375 pohon bernama unik semacam kacaromatra, harakano, dan juguransomatone. Di luar pohon-pohon itu, ada satu pohon terbesar bernama Milhik. Pohon Milhik bisa bicara. Di ranting-ranting pohon itu bergelantungan ular-ular kuning yang masih sangat ranum.

ITempo
image 526634
FREE!

Konsumen Indonesia Sudah Makin Pintar

Di era digital seperti saat ini, hampir setiap orang, terutama di perkotaan besar, sedikitnya memiliki satu perangkat digital, entah itu ponsel pintar, tablet, laptop, atau PC. Dari berbagai gawai digital inilah orang kini dengan mudah dapat memperoleh informasi berupa berita ataupun hiburan.

Bagi masyarakat kota, televisi bukan lagi satu-satunya barang elektronik untuk mendapatkan informasi secara cepat. Gawai digital mampu menggantikan peran televisi. Dari kebutuhan itu, lahirlah generasi yang disebut screenager. Ini adalah generasi yang punya ciri khas, yakni memiliki lebih dari satu gawai berbasis layar sentuh dengan fungsi berbeda.

Pola Perilaku Screenager Indonesia

Generasi screenager di Indonesia memiliki beberapa pola perilaku. Lembaga riset Accenture melakukan survei kepada 1.000 partisipan yang merupakan individu pemakai jaringan Internet dari beragam gawai.

image 526635

Screenager, Generasi Multigawai

Generasi screenager identik dengan hiperkonektivitas dan multigawai. Bagi mereka, satu gawai dirasa tak lagi cukup.

Internasional

Malaysia Tunjuk Kepala Komisi Antikorupsi Baru

KUALA LUMPUR - Malaysia menunjuk ketua komisi antikorupsi baru di tengah penyelidikan korupsi yang membayangi firma dana investasi negara, 1 Malaysia Development Berhad (1MDB).

Mulai 1 Agustus mendatang, Dzulkifli Ahmad dari kantor Kejaksaan Agung bakal menjadi Kepala Komisioner Malaysian Anti-Corruption Commission (MACC). Dia menggantikan Abu Kassim Mohamed, yang mengundurkan diri dua tahun sebelum masa kerjanya berakhir.

image 526638
FREE!

Swiss Larang Piara Ikan Mas Koki Sendirian

ZURICH - Pemerintah Swiss melarang ikan mas koki dipelihara sendirian. Mereka yang ingin menjadikannya hewan kesayangan, paling sedikit harus memelihara dua atau berpasangan.

image 526639

Pemberantasan Narkoba Filipina Banjir Darah

Duterte menepati janji kampanye, 300-an terduga pengedar dan pemakai narkoba tewas didor.

Metro
image 526641

Sistem Kebut Lima Bulan

Ada 138 sekolah yang harus selesai direhab pemerintah tahun ini.

Ekbis
FREE!

Kredit Tumbuh, BCA Raih Kenaikan Laba

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatatkan laba bersih Rp 9,6 triliun pada semester I tahun ini, atau naik 12,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Wakil Presiden Direktur BCA, Eugene Galbraith, mengatakan hal itu terjadi di tengah perlambatan ekonomi Indonesia. "Saat perekonomian lesu, kami menerapkan pendekatan yang berhati-hati dalam penyaluran kredit," kata dia di gedung Bursa Efek Indonesia, kemarin.

OJK Pangkas Proses Izin Bancassurance

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan aplikasi Sistem Elektronik Perizinan dan Registrasi (SPRINT) bancassurance (asuransi pelindung produk investasi) untuk mempercepat proses perizinan terintegrasi di sektor perbankan.

Agustus, Ekspor CPO Bebas Bea Keluar

JAKARTA - Kementerian Perdagangan menetapkan harga referensi produk crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah untuk penetapan bea keluar Agustus 2016 senilai US$ 676,34 per metrik ton. Harganya turun 5,02 persen dari Juli, senilai US$ 711,98 per metrik ton.

image 526647
FREE!

Indonesia Juara Kedua Imagine Cup 2016 di Amerika Serikat

SEATTLE - Indonesia, diwakili tim None Developers, berhasil meraih juara kedua kategori game di perhelatan World Imagine Cup 2016 di Redmond, Washington, Amerika Serikat, kemarin. Imagine Cup merupakan kompetisi pembuatan aplikasi tingkat dunia yang diadakan Microsoft. Ini merupakan tahun ke-14.

Cari angin

Reshuffle Jilid 2

Toriq Hadad
@thhadad

Surat panjang itu mampir ke WhatsApp saya. Pengirimnya: istri saya. Saya kaget. Selama ini dia belum pernah menulis sepanjang itu. Dan rasanya rumah tangga kami baik-baik saja. Setoran gaji bulanan pun masih aman-aman saja. Apa yang diprotes?

Ternyata bukan surat protes. Itu surat pamit Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru bekerja 20 bulan tapi sudah ikut kena reshuffle. Anies menulis untuk guru, kepala sekolah, dan tenaga pendidik. Rupanya dalam waktu singkat surat itu menyebar, dari kalangan pendidik—termasuk istri saya yang mantan guru—sampai ke segala penjuru Tanah Air.

Pesona
image 526628
FREE!

Balada Jins di Panggung Paris

Untuk pertama kalinya, jins naik kelas ke panggung couture di Paris. Memancing pertanyaan sekaligus pujian.

Pentas
image 526632

Narasi Seusai Reformasi

Teater Garasi mementaskan Yang Fana Adalah Waktu, Kita Abadi, tentang Indonesia pasca-1998.

Topik

Berkelit dari Sergapan FOMO

Tak ada yang melarang belanja dan makan di restoran mahal, asalkan perencanaan keuangan tersusun rapi.

image 526636
FREE!

Gula-gula Eksistensi

Beragam cara, cenderung berbau glamor, dilakukan anak-anak muda yang ingin meneguhkan keberadaan dirinya. Dari vakansi ke luar negeri, makan di restoran mewah, sampai mengenakan busana berlabel. Lalu dengan suka hati hal itu akan diumumkan lewat media sosial. Tentu saja ongkos untuk membeli pengakuan dan keberadaan diri itu tak murah. Berikut ini hal-hal yang kerap dipamerkan anak-anak muda yang ingin eksis itu:

image 526637

Generasi Milenial Memburu Pengakuan

Mereka berusaha hadir dalam pesta mewah, jajan di resto mahal, dan pelesir ke tempat-tempat jauh agar tak terpental dari orbit pertemanan. Jejaring sosial seperti memandu hasrat tersebut.

FREE!

Gaya Hidup Mahal Generasi Milenial

Jejaring media sosial menimbulkan fobia di kalangan generasi milenial yang disebut FOMO atau fear of missing out. Inilah fobia dengan gejala takut tertinggal informasi (berita) di media sosial, yang lalu bergeser menjadi khawatir tidak eksis dalam medsos dan orbit pertemanan.

Jateng

Maling Mobil dari Jakarta Beraksi di Brebes

BREBES - Maling mobil lintas provinsi yang beraksi di Brebes, Pranoto, ditembak kakinya oleh polisi saat membawa kabur mobil curiannya. Pranoto adalah warga Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Pria berusia 30 tahun ini didor lantaran melawan saat akan ditangkap.

Kecelakaan Kapal di Pemalang Akibat Awan Kumulonimbus

Pencarian nelayan yang hilang akan dilakukan selama sepekan.

FREE!

TPA di Klaten Segera Beroperasi

KLATEN - Pemerintah Klaten optimistis permasalahan sampah di kabupaten ini segera teratasi. Tahun ini, tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah di Desa Troketon, Kecamatan Pedan, akan siap beroperasi."Tahun ini, bangunan fisik dan pengadaan alat untuk pemrosesan sampah telah selesai," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral Klaten, Abdul Mursyid, Kamis lalu.

BPJS Kesehatan Dinilai Memihak Orang Kaya

Kelompok menengah-atas memanfaatkan BPJS melalui iuran mandiri.

Laporan Utama

Sekolah Pribadi Tolak Disebut Terafiliasi Gulen

Sekolah di Indonesia tunduk pada hukum negeri ini, bukan Turki.

FREE!

Ada yang Lega, Ada yang Protes

Kabar melegakan itu diterima Siti Rohana pada pukul 01.00 kemarin dinihari. Suaminya, Zulfiqar Ali, batal dieksekusi oleh regu tembak. Lewat jaksa, pria asal Pakistan itu meminta Rohana kembali mengirimkan obat-obatan yang dibutuhkannya. "Tapi tidak sempat bertemu, hanya dititipkan," kata dia.

Sejak Mei lalu, Ali dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap, Jawa Tengah. Ia menderita komplikasi bronkitis, hepatitis, dan gangguan ginjal. Ali ditangkap atas kepemilikan 300 gram heroin pada 2004. Setahun kemudian, majelis hakim Pengadilan Negeri Tangerang menjatuhkan vonis hukuman mati bagi Ali.

image 526651

India dan Pakistan Gencarkan Diplomasi

Jaksa Agung menegaskan reaksi luar negeri tidak mempengaruhi pelaksanaan eksekusi.

image 526652

Pelukan Terakhir Freddy Budiman ke Petugas Lapas

Hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis malam hingga Jumat dinihari lalu. Freddy Budiman menjadi orang pertama yang dibawa ke lokasi eksekusi: Lapangan Limus Buntu, Nusakambangan.

Nasional

Empat Sandera Dikabarkan Sakit

Empat dari tujuh awak kapal TB Charles yang disandera kelompok bersenjata Abu Sayyaf di Filipina dikabarkan sakit. Mereka adalah Ismail, Robin Piter, M. Masir, dan Sofyan. Kabar itu mereka sampaikan kepada istri melalui telepon. "Mereka mengaku sudah tak tahan. Mereka mulai sakit dalam sandera," ujar Dian Megawati Ahmad, istri Ismail, kepada awak media, kemarin.

image 526645

Tim Pengawas DPR Telisik Vaksin Palsu

DPR menilai pemerintah kurang transparan.

FREE!

MA Diminta Lelang Jabatan Nurhadi

JAKARTA - Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI) Fakultas Hukum Universitas Indonesia mendesak Mahkamah Agung melakukan mekanisme lelang jabatan untuk mengisi jabatan Sekretaris MA. "Agar mendukung agenda reformasi birokrasi di MA," kata peneliti MaPPI FHUI, Ali Reza, kemarin.

image 526646

Penyelidikan terhadap Nurhadi Berlanjut

Pengunduran diri Sekretaris MA dilayangkan bersamaan dengan penandatanganan surat penyelidikan KPK sepekan lalu.